Sabtu, 27 Desember 2008

Puteriku cerebral palsy

Ini adalah pengalaman pribadi tentang anak pertama saya. Dia lahir tanggal 21 September 2003 , So sekarang dia dah berumur 5 tahun lebih . Dia adalah anak pertama kami . Anak yang kami nantikan dan kami sayangi . Nama lengkap dia adalah NABILAH PUSPASARI tapi karena saran seseorang karena dia kurang sehat dan berharap akan menjadi lebih baik , saya maksudkan sehat . Seorang ustad menyarankan kami memanggilnya ANNISA PUSPA, so kami lalu memanggil anak kami NISA. Nisa lahir dengan berat 2,6 kg . waktu saya, mengandung 9 bulan 1 hari dia lahir , lumayan susah ngeden dan lama prosesnya. Seingat saya seharian ditunggu baru NIsa keluar. Kami senang dan berbahagia . tapi ternyata dia tidak bisa menangis . Saya melahirkan di bidan di Bandung . Bidan itu panik karena Nisa udah dicoba berbagai cara tidak menangis. Ada satu yang bikin saya kecewa. Saya ke bandung ikut suami , kami tinggal di rumah kredit dan waktu itu . rumah kami sangat sederhana, hanya dapur dan kamar yang Simple ditemanin TV dan tidak ada yang lain , apalagi kursi ataupun meja. Bidan itu rumah mewah . mobil ada tapi tidak menawarkan secara langsung ke kami . Saat itu saya sangatlah kuper. karena ekonomi lumayan mepet . Singkat cerita. Dari bidan dengan perjuangan akhirnya dengan memohon kami minta tolong pinjam mobil bidan ( kalo saya dalam posisi bidan itu . saya akan langsung suruh pakai antar pasien saya ke RS pake mobil itu ) dan dalam mobil ada perawat baru yang menolong anak saya pakai O2 / oksigen tapi sayang hanya 10 menit tabungnya tidak ada O2 lagi. ( Ini membuat saya kecewa pada bidan itu juga karena tidak siap peralatannya )
Alhamdulilah sampai di RS Al Islam Bandung. kata dokter . Anak saya sudah membiru tapi untunglah masih selamat . Dia dari lahir sampai umur 1 bulan dirawat di RS. Selama disana melihat perkembangannya. Dokter menyuruh kami waspada melihat tumbuh kembangnya. Dan benar . pada saat 6 bulan saya lihat dia beda dengan anak lain . belum bisa tengkurap dan tidak terlalu respon dengan mainan. Kami ke tumbuh kembang anak dan disarankan tes EEG . BERA. MATA dan lain - lain . Sampai ke FISIOTERAPI. Dokter mendiagnosa anak saya CEREBRAL PALSY . Perasaan kami sedih akan masa depan puteri kami dan waktu itu kami sangat sedih dan terkejut . But . by the way . dengan berjalannya waktu . Usaha kami untuk NISA adalah . membuat dia lebih baik , menjaga jangan sampai sakit dan selalu therapi . Dan yang pasti kami menerima NISA dengan senang hati dan bahagia di pelukan kami karena dia puteri kami yang baik , innocent girl dan kami ikhlas dan menerima NISA apa adanya, terngiang di telinga saya waktu dokter mengatakan. " Ibu . Apapun anak ibu . Dia adalah titipan dari yang Di Atas. Lihatlah senyum anak Ibu , Dia bahagia maka dengan cara apapun, berikan yang terbaik untuk anak Ibu . dan Tuhan akan selalu menunjukkan jalan-Nya. ". KAmi bertekad memberikan yang terbaik buat Nisa semampu kami .


Alhamdulilah sampai di RS Al Islam bandung .

4 komentar:

setyarahman mengatakan...

salam kenal
salam untuk nisa, karena sama persis dengan anak saya andhit, sampai sekarang masih dalam keadaan seperti bayi walau sudah umur 7 tahun, usaha semampu diripun juga pernah dilakukan, memaang akirnya seperti yang ibu bilang harus iklas menerima apa adanya, itulah mungkin obat yang paling mujarab bagi kami orang tua..

Anonim mengatakan...

sari bunda fathia
Assalamualaikum,salam kenal nisa,bunda juga punya anak seperti nisa namanya fathia april besok umurnya genap 5th.Kami tinggal di Jogja.Keadaan tia belum banyak perubahan walaupun sudah banyak usaha dan cara kami kerjakan dari dokter dan alternatif.Tapi kami tetap berusaha memberikan yg terbaik untuk anak kami ini dan semuanya kami kembalikan kepada Yang Maha Kuasa.Yang pasti keberadaanya menjadikan kami menjadi lebih sabar dan meyakini ada rencana ALLAH yang lebih baik dan indah untuk kami.

pangi mengatakan...

Assalamualaikum,salam kenal saya juga mempunyai anak yang di diagnosa dokter CP sampai sekarang umurnya sudah 1 tahun 9 bulan belum bisa duduk dan tidak respon jika di panggil mudah-mudahan kita selalu di berikan Allah SWT kekuatan, AMIN ya Raab

bunda asyam mengatakan...

Assalamualaikum
Saya novi..anak pertama saya cp.namanya muhammad asyam.skrg usianys 5thn..blm bisa bicara dan berjalan..duduk pun ga bisa lama..sama seperti nisa..waktu lahir agak susah ngedennya..saat sudah lahir dia ga lgsg nangis,badannya pun biru..saya sdh merasa khwtr..tapi bidan dan dokter anak tidak berkata apapun..hingga usia 5bulan spt bayi biasa,lucu gemuk,tapi blm bisa tengkurap,,saat usia 7bulan ke dokter anak,berat badannya tidak naik,krn blm tengkurap dan tidak merespon,akhirnya dirujuk ke rshs bandung.segala pemeriksaan di tempuh,ke tht,cek darah,jantung dll.kesimpulkasn nya anak saya cp dan terapi dilakukan..mgkn yg bikn saya sedih ada kebocoran pd jantungnya,kata dokter silakan di operasi jantung..krn kami tak pny biaya..kasmi pasrah saja..kata dokter anak smg kebocoran jantungnya bisa tertutup seiring bertambah usia.
Bersyukur anak kami sehat,walau blm bs bicara dan berjalan, dia hanya bisa bergerak maju tengkurap dgn tangannya..ya teerasa anak adalah titipan,kata kakak ipar saya,kasih sayang tulus kita adalah ladang surga,dan anakku kelak jadi pangeran tampan di surga yang akan tersenyum ,enyapa ayah ibunya fan mengajak ke surga..aamiin ya robb